apps location_searching

Thursday, May 31, 2018

Facebook Akan di Blokir Selama 1 Bulan di Papua Nugini

author photo
Facebook Akan di Blokir Selama 1 Bulan di Papua Nugini


Bawel Id, Facebook akan di blokir selama sebulan di Papua Nugini, hal ini di lakukan untuk mengurangi jumlah akun fake (palsu) dan mempelajari efek dari media sosial terutama facebook kepada masyarakat Papua Nugini.

Pemerintahan Papua juga menyebutkan bahwa akan membangun media sosial buatan sendiri untuk bersaing dengan Facebook.

"Selama itu kami akan mengumpulkan informasi untuk mengidentifikasi pengguna yang tersembunyi di balik akun fake, pengguna yang melanggar seperti mengunggah gambar porno dan mereka yang mengeposkan informasi hoax dan menyesatkan" jelas Menteri Komunikasi Papua Nugini, Sam Basil.

"Jika di perlukan kami akan mengembangkan aplikasi lokal untuk menciptakan situs yang lebih kondusif bagi warga Papua Nugini untuk berkomunikasi di dalam maupun di luar negeri".

Basil juga mengatakan kalau pemblokiran ini juga akan memberikan kesempatan bagi Institut Penelitian Nasional di negaranya agar menganalisa dan membuat riset mengenai siapa yang menggunakan platform tersebut.

Pemblokiran ini di sebutkan merupakan upaya untuk mendorong penegakan hukum kejahatan siber yang telah di sahkan negara pada tahun 2016 silam, Pemerintahan juga menyebutkan telah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk memastikan bahwa aturan tersebut akan di patuhi.

Pengamat mempertanyakan soal pemblokiran tersebut

Dengan pemblokiran facebook di Papua Nugini menimbulkan banyak tanda tanya bagi sebagian kalangan, sebab, menurut Dr Sinpeng, ahli media digital dari Universitas Sydney, basanya negara lain melakukan pemblokiran terhadap Facebook menjelang pemilihan umum atau pemblokiran full yang terjadi di Negara China.

"Satu bulan adalah batas waktu yang sangat menarik, saya tidak yakin apa yang bisa mereka dapat dan mengapa terjadinya pemblokiran ini terjadi, Anda tetap dapat melakukan analisa terhadap Facebook tanpa memblokirnya dulu" tuturnya, seperti yang lansir The Guardian.

Dan yang perlu di tanyakan, data apa yang akan di kumpulkan oleh pemerintah ? jika merasa mengkhawatirkan berita hoax atau palsu banyak cara untuk mengantisipasikan tanpa pemblokiran Facebook" .
Next article Next Post
Previous article Previous Post
Penawaran Terbaru