apps location_searching

Friday, May 18, 2018

Tips Mengatasi Android yang Tidak Bisa Masuk ke Menu Utama atau Bootloop

author photo

Tips Mengatasi Android yang Tidak Bisa Masuk ke Menu Utama atau Bootloop
Bawel.ID - Sering sekali pengguna Android dihadapkan pada permasalahan Android tidak bisa masuk ke menu uama atau sistemnya. Biasanya pada kasus ini, hp android hanya akan memunculkan logo atau vendor saja setiap kali dinyalakan ulang. Hal ini pastinya akan membuat pengguna panik dan berasumsi terjadi kerusakan pada Androidnya. 

Jika anda mengalami masalah ini, jangan dulu buru-buru dibawa ke konter atau tukang servis, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi bootloop yang bisa anda coba sendiri. Nah, berikut beberapa diantaranya.

Mengatasi Android yang Tidak Bisa Masuk ke Menu Utama atau Bootloop
  • Restart Perangkat Anda
Cara merestart ulang Android adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi bootloop ringan. Caranya pun mudah sekali, Anda hanya harus mematikan Android Anda, cabut memory card, baterai dan operator card pada android Anda. 

Tunggu beberapa saat sekitar 30 menitan lalu pasang kembali semua perangkat yang elah di copot. Hidupkan kembali Android anda dan tunggu hingga proses booting selesai. Biasanya jika kondisi bootloopnya ringan, cara ini bisa membantu mengatasinya. Android Anda sudah bisa masuk ke sistem utamanya.
  • Hapus Cache Sistem
Jika cara pertama dengan merestart Android ternyata masih bootloop juga, Anda bisa mencoba cara ke dua dengan menghapus cache sistem. Pertama-tama Anda harus masuk ke recovery mode, masing-masing HP memiliki cara yang berbeda untuk bisa masuk ke recovery mode. 

Misalnya untuk merk HP OPPO, Anda harus menekan tombol power dan volume down secara bersamaan sampai muncul menu Recovery mode. Pada mode recovery akan keluar beberapa menu utama, yang Anda pilih adalah menu advanced kemudian pilih wipe data cache lalu pilih mounts & storage dan klik wipe/cache. 

Tunggu proses booting selesai hingga bisa masuk ke menu utama android dan android sudah bisa digunakan seperti biasa.
  • Wipe Cache Partition
Cara yang dilakuakn hampir sama dengan cara ke dua yaitu dengan masuk ke menu recovery mode. Setelah masuk recovery mode, Anda pilih wipe cache partition lalu ekan yes pada kotak konfirmasi. Cara ini bisa untuk mengatasi bootloop tingka medium atau sedang. 
  • Factory Reset
Cara ke empat ini untuk mengatasi Android dengan tingkat bootloop yang parah. Pertama-tama Anda harus masuk pada recovery mode. Setelah itu pilih menu backup &restore dan pilih backup. Setelah itu pilih menu wipe data atau factory reset. Kemudian tekan yes dan tunggu proses booting.

Cara yang ke empat ini akan mereset Android anda seperti sediakala atau kembali ke model data pabrikan saat pertama membeli Android. 
  • Flashing
jika dari ke empat cara di atas masih belum bisa mengatasi bootloop pada Android anda, berarti perangkat harus di flashing ulang. Anda bisa memanfaatkan jasa flashing HP di counter-counter langganan Anda. 


Itulah beberapa tips mengatasi android yang tidak bisa masuk ke menu utama atau bootloop. Semoga bermanfaat ya. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Penawaran Terbaru