apps location_searching

Thursday, May 17, 2018

Tips Mudah Atasi Android yang Lemot Secara Cepat

author photo
Tips Mudah Atasi Android yang Lemot Secara Cepat
Bawel.ID - Smartphone atau Android dapat melakukan beragam hal yang diperintahkan penggunanya. Banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati mulai dari browsing, email, bermain social media, mendengarkan musik, dan lainnya. Namun perlu diketahui, semakin banyak hal yang dilakukan/diproses oleh sistem android, membuatnya menjadi lemot.
Banyaknya aplikasi yang terpasang juga menjadi salah satu penyebab lemotnya hp Android. 


Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi android yang lemot supaya bisa berjalan lancar kembali? Nah, berikut kami bagikan tips-tipsnya.

Tips dan Trik Mengatasi Android Lemot
  • Hapus Aplikasi yang Sudah Tidak Terpaka
Tips Mudah Atasi Android yang Lemot Secara Cepat

Penyebab utama Android lemot biasanya karena banyaknya aplikasi yang terinstall pada perangkat. Sebab, dengan banyaknya aplikasi yang berjalan akan menyebabkan sistem android menjadi lemot. 

Alhasil kinerja perangkat Android akan menurun dan menghambat kinerja perangkat lain. Misalnya, saat Anda akan membuka suatu aplikasi, maka prosesnya akan lebih lama dari biasanya. 

Cara mengatasinya adalah hapus aplikasi yang jarang dipakai atau yang hanya dipakai satu dua kali saja. Nantinya, bisa diinstal ulang lagi bila memang diperlukan. 
  • Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal
Tips Mudah Atasi Android yang Lemot Secara Cepat

Lakukan pembersihan pada ruang penyimpanan internal Anda sesering mungkin. Penyimpanan internal yang jarang dibersihkan menyebabkan banyak data menumpuk sehingga ruang penyimpanan internal menjadi semakin sempit. 

Aktivitas mendownload file film, musik, dan file-file lainnya akan secara otomatis tersimpan di ruang penyimpanan internal dalam folder download. Jika tidak dipindahkan atau dihapus, file-file tersebut akan menumpuk dan ruang penyimpanan internal pasti akan berkurang. Alhasil kinerja android menjadi lemot.

Cara lain jika tidak ingin menghapus file tersebut adalah dengan memindahkannya ke memori eksternal android. Anda bisa membeli dan memasang memori eksternal dengan kapasitas peniympanan yang besar. 

Namun yang harus dikeahui adalah jangan sembarangan menghapus file yang tidak diketahui di penyimpanan internal Anda, karena bisa jadi file tersebut adalah file bawaan dari perangkat android. 
  • Pastikan SD Card Berjalan Baik
Terkadang menurunnya kinerja perangkat android disebabkan karena SD card atau memori eksternal yang bekerja tidak semestinya atau terjadi suatu kesalahan. 

Maka dari itu penting untuk memastikan SD card Anda bekerja dengan baik sebelum memasangnya pada slot memori eksternal android Anda. Jika diperlukanAnda bisa memformat ulang SD card untuk memastikan SD card terbebas dari virus atau gangguan lainnya. 

Agar data aman, sebelum melakukan format SD card, Anda bisa membackup terlebih dahulu data-data penting Anda. Anda bisa memindahkan file yang terdapat pada SD card ke laptop atau komputer Anda sehingga data aman tidak hilang. Setelah selesai di format, Anda bisa mengembalikan data tersebu ke tempat semula. 


Itulah 3 tips ampuh atasi android yang lemot. Mudah bukan? Pastinya Anda bisa melkukannya sendiri. Selamat mencoba.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
Penawaran Terbaru