apps location_searching

Wednesday, June 27, 2018

Google Luncurkan Aplikasi Datally Penghemat Kuota Internet

author photo
Bawel.ID - Beberapa waktu lalu google resmi meluncurkan aplikasi hemat nonton YouTube dengan menggunakan YouTube Go yang ramah kuota, Kali ini Google kembali meluncurkan aplikasi fungsi serupa untuk pengguna di Indonesia.

Aplikasi Android hemat kuota tersebut adalah Datally yang dapat membantu pengguna ponsel mengontrol dan menghemat kuota internet. Datally bekerja dengan mematikan aplikasi yang memakai kuota internet di belakang system background.

Google mengklaim bahwa pengguna aplikasi Datally rata-rata akan menghemat 21 persen data inernet mereka. Seperti yang diketahui, sebagain besar aplikasi Android selalu aktif secara diam-diam. Aplikasi tersebut menyedot kuota dan membuat baterai menjadi boros.

Aplikasi ini dibuat oleh Google setelah melakukan riset terhadap pengguna ponsel di Indonesia. Hasil riset menunjukkan pengguna ponsel yang ada di Indonesia banyak yang khwatir paket kuotanya cepat habis.

Google juga mengatakan, pengguna ponsel di indonesia tidak memahami untuk kegunaan apa saja kuota mereka telah gunakan. Mereka juga disebut mengalami kesulitan untuk mengontrol pengunaan kuota pada aplikasi yang mereka gunakan.

Fitur yang disediakan Datally

Ada beberapa cara digunakan Datally unutk menghemat kuota penggunanya.

  • Dengan membatasi jumlah kuota yang di gunakan, dengen membatasi penggunaan data oleh aplikasi yang jarang di gunakan, dan membantu pengguna mencari lokasi wifi terdekat sehingga lebih menghemat kuota data dari kartu SIM mereka.
Untuk membatasi penggunaan data di smartphone, aplikasi ini telah menawarkan dua mode. Mode pertama adalah mode tame dimana aplikasi akan membatasi pemakaian data saat ponsel dipinjamkan kepada teman.
  • Membatasi data harian yang akan digunakan oleh pemilik ponsel itu sendiri. Dengan begitu, pengguna tidak akan kebablasan menggunakan data terlalu banyak setiap hari.
Pengguna dapat menetapkan jumlah Maksimum data yang ingin dipergunakan setiap harinya. Jika penggunaan sudah melewati batas yang telah di tentukan akan ada peringatan muncul. Pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan data untuk sisa hati itu atau mengabaikan dan terus menggunakanya.
Kami membuat Datally, aplikasi yang membantu anda memahami, mengontrol dan menghemat kuota internet, sehingga anda lebih bisa melakukan banyak hal dengan kuota anda. Ujar Caesar Sengupta, Vice President Tim Next Billion User Google.
 Google menambahkan, 30 persen data seluler digunakan tanpa diketahui pengguna oleh aplikasi yang jarang dibuka lebih dari dua minggu. Aplikasi ini akan memberitahu pengguna aplikasi mana yang diam-diam menggunakan kuota internet dan bisa memilih langsung untuk menghapus aplikasi tersebut.

Datally juga menyediakan fitur pencarian jaringan Wi-Fi. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa melihat jaringa Wi-Fi yang berada di dekatnya. Namun Datally tidak menyediakan kunci password pembuka WiFi. Pengguna tentu di haruskan memiliki akses atas WiFi tersebut.

Fitur ini berfungsi seperti Waze, sebab pengguna dapat memberikan penilian untuk kualiatas jaringan Wi-Fi di suatau tempat dan membantu para pengguna lain agar mendapatkan jaringan wifi yang baik lancar.

Aplikasi Datally sudah dapat diunduh di Google Play Store secara global, Untuk menggunakanya diperlukan ponsel Android dengan system minimal OS versi 5.0 (Lollipop).

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Penawaran Terbaru